KURIKULUM DAN METODE BELAJAR


Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Nasional dengan metode active learning, dimana siswa berperan aktif dalam setiap aktivitas belajarnya, sehingga mereka dapat mengekspresikan segala potensi yang ada pada diri mereka secara aktif. Dalam kegiatan belajar, kami melakukan dengan cara pendekatan saintifik, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan.


Ada pembiasaan harian yang berlaku di sekolah ini sehingga menjadi ciri khas bagi SD Dharma Karya UT, yaitu :

  1. English Day Program (EDP)

Pembiasaan berbahasa inggris yang dimulai dari kelas 1-6 (lanjutkan)

  1. Pembiasaan Beribadah

Kegiatan belajar mengajar di sekolah ini dilaksanakan dalam suasana agamis, mulai dari memulai belajar dengan doa dan mengakhiri belajar dengan doa. Di sekolah ini terdapat berbagai agama sehingga peserta didik bisa mempraktikkan secara langsung sikap-sikap yang sesuai dengan Pancasila, salah satunya hidup rukun, saling menghargai, dan toleransi.

Kegiatan pembiasaan beribadah lainnya adalah solat dhuha, solat berjamaah, menghapal surat pendek, tausiyah Jumat. Kebisaan berbagi dengan yang membutuhkan kita salurkan melalui infak Jumat dan dana sosial.

  1. Literasi & Numerasi

Kami mempunyai program literasi dan numerasi yang dilaksanakan setiap hari di awal pelajaran yang berdurasi 15 menit. Dimana siswa diberikan waktu untuk membaca, bercerita, berhitung cepat dan tepat, dan mampu untuk memahami dan mengambil kesimpulan dari cerita atau informasi yang didengar. Untuk penguatan dalam program ini, kami bekerja sama dengan pihak luar ; seperti SURALA NINJA JEPANG, One Day To Write (ODTW).



PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT)


Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di masa transisi dilaksanakan selama dua bulan, terhitung tanggal 13 September – 12 November 2021. Dalam proses kegiatan belajar, kami menggunakan metode hybrid learning/blended learning yaitu metode belajar dimana proses belajar tatap muka berpadu dengan e-learning secara harmonis.

Skenario pembelajaran PTMT dibagi menjadi dua kelompok perkelasnya sesuai nomor urut absen. Kuota siswa dalam kelas 50%. Siswa hadir 2 hari dalam seminggu dengan lamanya waktu belajar adalah dua jam. Kami melakukan sterilisasi satu kali dalam seminggu. Untuk mengurangi kerumunan, kami membagi waktu kedatangan menjadi tiga shift.

SHIFT

KELAS

MASUK

PULANG

1

1 dan 4

07.30

09.30

2

2 dan 5

08.10

10.10

3

3 dan 6

08.50

10.50







FOTO KEGIATAN PTMT















JAM BELAJAR UMUM

KELAS

HARI

MASUK

PULANG

I dan II

Senin – Kamis

07.30

12.30

Jumat

07.30

10.30

III, IV, V, VI

Senin - Jumat

07.30

14.30


KALENDER PENDIDIKAN