PERINGATAN HARI KARTINI

Senin, 22 April 2024 Halal Bihalal dan Persiapan Lagu Ibu Kita Kartini 

Pada Tahun ini SD Dharma Karya UT mengadakan serangkaian acara dalam hal memperingati Hari Kartini. Acara ini dibuka oleh Ibu Kepala Sekolah SD Dharma Karya UT Ibu Eny Puspita Sari, S. Pd. Acara ini bertemakan KEBAYA (Kembangkan Budaya dengan Semangat Berkarya). Tujuan diadakan acara ini yaitu untuk mengenang jasa Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak emansipasi wanita sehingga bisa menjadi contoh bagi siswa – siswi SD Dharma Karya UT untuk bisa saling menghargai antara siswa laki – laki dan siswi perempuan. Serangkaian acara ini dimulai pada Hari Senin Tanggal 22 April 2022, diawali dengan kegiatan halal bihalal antara guru dan siswa. Tepat pukul 07.30 siswa – siswi SD Dharma Karya UT berkumpul di lapangan depan untuk mendapatkan pengarahan dari bapak/ibu guru tentang serangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Karyini selama sepekan ini. Kemudian dilanjut dengan kegiatan halal bihalal, siswa – siswi secara bergantian bersalaman dengan bapak/ibu guru diawali dari kelas 1 dan 2. Kemudian setelah itu kelas 1 dan 2 kembali ke kelas masing – masing untuk latihan menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini. Sedangkan untuk kelas atas dimulai dari kelas 6 bersalaman dengan bapak/ibu guru kemudian dilanjut dengan kelas 5, 4, dan 3. Pada pukul 09.00 siswa – siswi melakukan latihan memainkan  alat musik untuk mengiringi lagu Ibu Kita Kartini. Bagi siswa – siswi kelas 3 sampai kelas 6 yang membawa biola berkumpul di area depan musholla. Siswa – siswi kelas 3 sampai kelas 6 yang membawa pianika berkumpul di ruang kelas 6.1 dan 6.2. Dan siswa – siswi kelas 3 sampai kelas 6 yang membawa angklung berkumpul di area samping perpustakaan.

 





Selasa, 23 April 2024 Bermain Musik dan Bernyanyi Lagu Ibu Kita Kartini

            Di hari kedua kegiatan siswa – siswi SD Dharma Karya UT yaitu bermain musik dan menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini secara Bersama – sama di lapangan depan. Adapun beberapa alat musik yang dimainkan siswa – siswi untuk mengiringi lagu Ibu Kita Kartini yaitu pianika, biola, dan angklung. Siswa – siswi yang memainkan alat music tersebut yaitu siswa – siswi dari kelas 3 sampai kelas 6. Sedangkan siswa – siswi kelas 1 dan 2 menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini secara bersama – sama. Tidak hanya itu saja, ada juga beberapa siswa – siswi yang tergabung dalam tim bendera yang memainkan bendera mengiringi lagu Ibu Kita Kartini. Kemudian dilanjutkan dengan persembahan musikali puisi dengan tema Ibu Kartini yang dibawakan oleh Ka Naufal (Kelas 5) dan Bu Maya yang diiringi oleh lagu Ibu Pertiwi yang dibawakan oleh tim band bapak/ibu guru. Adapun beberapa lagu yang dipersembahkan oileh bapak/ibu guru adalah lagu manisnya negeriku, lagu agen perubahan, lagu disini senang disana senang dan ;agu sayonara. Acara dihari kedua ini selesai pukul 09.00 dan anak – anak kembali ke kelas masing – masing untuk belajar seperti biasa.




Rabu, 24 April 2024 Permainan Tradisional

            Dalam rangkaian acara yang ketiga siswa – siswi SD Dharma Karya UT diperkenalkan dengan permainan tradisional. Beberapa permainan tradisional yang diperkenalkan adalah tarik tambang, bekel, congklak, lompat tali, tapak gunung, ular naga, holahop, dan kelereng. Siswa – siswi kelas 1 dan 2 secara bergantian memainkan permainan tarik tambang di area taman belakang. Sedangkan siswa – siswi kelas 3 sampai kelas 6 memainkan permainan lompat tali, tapak gunung, ular naga, holahoop, kelereng dan biji karet secara berkelompok dan bergantian di are lapangan depan. Sedangkan permainan bekel dan congklak dimainkan di kelas masing – masing. Acara dihari ketiga ini selesai pukul 10.00 dan anak – anak kembali ke kelas masing – masing untuk belajar seperti biasa.




Kamis, 25 April 2024 Membatik

            Di hari keempat siswa – siswi SD Dharma Karya UT diperkenalkan dengan cara membatik dengan teknik eco print dan shibori (teknik celup). Siswa – siswi kelas 6 dibagi dalam beberapa kelompok kemudian setiap kelompok diberi satu lembar kain putih polos dan beberapa pewarna sintetis yang akan digunakan membuat batik dengan teknik celup (shibori). Siswa – siswi kelas 55 juga dibagi menjadi beberapa kelompok. Dan setiap kelompok diberi satu lembar kain putih polos dan mereka juga mempersiapkan beberapa bentuk dan warna daun dan bunga yang akan mereka gunakan untuk membuat batik dengan Teknik eco print. Sedangkan untuk siswa – siswi kelas 4 diberi telenan sebagai media untuk menggambar dengan tema bebas. Dan untuk siswa – siswi kelas 1, 2, dan 3 mereka mempunyai kegiatan mewarnai. Untuk kelas 1 siswa – siswi mewarnai gambar Raden Ajeng Kartini, kelas 2 mewarnai batik motif ukir dari Jawa Tengah, dan kelas 3 mewarnai batik motif dari Banten. Hasil dari siswa – siswi semuanya akan dipajang dan dipamerkan pada acara di Hari Sabtu. Kegiatan hari ini selesai pukul 09.00 dan anak – anak kembali ke kelas masing – masing untuk belajar seperti biasa.

Jumat, 26 April 2024 Kartini dan One Day Culture

                Hari Jumat ini merupakan hari kelima dalam serangkaian acara dalam hal memperingati Hari Kartini. Pada hari ini siswa – siswi SD Dharma Karya UT memakai pakaian daerah atau batik atau baju profesi. Di hari ini siswa – siswi SD Dharma Karya UT diperkenalkan tentang sosok seorang Ibu Kartini yang diperankan oleh Bu Wayan dan para punggawa nya yang diperankan oleh Pak Ibrahim, Pak Sulchi, Pak Ariq, dan Pak Gamu.

 





Sabtu, 27 April 2024 Kartini dan One Day Culture

 





 

 

 

 

 

0 Comments