PESANTREN KILAT RAMADHAN 1445 H SD DHARMA KARYA

 

PESANTREN KILAT SD DHARMA KARYA


            Pesantren kilat merupakan salah satu kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya di sekolah SD Dharma Karya terutama saat memasuki bulan Suci Ramadhan. Ramadhan tahun ini SD dharma Karya UT melaksanakan pesantren kilat selama 3 hari dari tanggal 1 – 3 April 2024 (1445 H) dengan tema Spirit Ramadhan Selalu Dekat Dengan Sang Ilahi yang di ketuai oleh Ibu Murtapiah, S.Pd.I, dalam acara kali ini selain memberikan materi – materi seputar ramadhan ada dongeng ceria bersama kak Iman dan  juga mengadakan kegiatan santunan anak yatim untuk siswa – siswi SD Dharma Karya UT serta bakti sosial berupa pemberian bantuan sembako bagi warga sekitar yang membutuhkan. Suksesnya acara pesantren kilat ini tidak lepas dari kerjasama dan kekompakan semua warga SD Dharma karya UT dan para tamu undangan.

Kegiatan pada hari pertama pesantren kilat pada Hari Senin, tanggal 1 April 2024 adalah sholat dhuha, tadarus, mendengarkan materi tentang puasa dan latihan salawat untuk kelas 1 dan 2. Sedangkan untuk kelas 3 sampai kelas 6 kegiatan dihari pertama adalah siswa-siswi diberi pengarahan tentang kegiatan pesantren kilat, kemudian dilanjutkan dengan menonton video islami di kelas masing – masing. Lalu pada pukul 10.00 siswa – siswi diarahkan menuju musolla untuk melaksanakan sholat dhuha, tadarus, infaq, dan penyampaian materi tentang puasa oleh Pak Ibrahim. Pada pukul 11.00 siswa – siswi kembali ke kelas masing – masing untuk latihan nasyid bersama walas. Menjelang sholat dhuhur siswa – siswi ada kegiatan menghafal doa harian, kemudian sholat dhuhur.

Di hari kedua Selasa, tanggal 2 April 2024 kegiatan untuk kelas 1 dan 2 adalah tadarus, sholat dhuha, infaq, mendengarkan ceramah ramadhan kemudian kegiatan terakhir sebelum pulang adalah lomba salawat. Sedangkan untuk kelas 3 sampai kelas 6 kegiatannya adalah mendengarkan ceramah ramadhan, sholat dhuha, infaq, lomba nasyid, lomba kuis, menonton video islami, mendengarkan materi ibadah, dan diakhiri dengan kegiatan sholat dhuhur

Puncak acara kegiatan pesantren kilat ada pada hari ketiga Rabu, tanggal 3 April 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di musolla dan area depan musolla dimulai pada pukul 15.00 diawali dengan sholat asar berjamaah, penutupan pesantren kilat, mendengarkan dongeng ceria bersama Ka Iman, sambutan – sambutan, santunan yatim, simbolis baksos dan pembagian pemenang lomba, pembagian iftor, salat magrib lanjut buka bersama.

Berikut adalah pemenang lomba – lomba Ramadhan.

Lomba kuis Ramdhan kelas 6 diraih oleh :   

Juara 1: kelas 6-1

Juara 2: kelas 6-3

Juara 3: kelas 6-2

Juara 4: kelas 6-4

 

Lomba kuis Ramadhan kelas 5 diraih oleh :

Juara 1 kelas 5-1

Juara 2 kelas 5-2

Juara 3 kelas 5-3

Juara 4 kelas 5-4

 

Lomba salawat kelas 1 diraih oleh :

Juara 1 kelas 1.2

Juara 2 kelas 1.1

Juara 3 kelas 1.3

Juara 4 kelas 1.4

 

Lomba sholawat kelas 2 diraih oleh :

Juara 1 kelas 2.3

Juara 2 kelas 2.1

Juara 3 kelas 2.2

Juara 4 kelas 2.4

 

Lomba Nasyid kelas 3 diraih oleh :

Juara 1 kelas 3-2

Juara 2 kelas3-3

Juara 3 kelas 3-1

Juara 4 kelas 3-4

 

Juara lomba Nasyid kelas 4 diraih oleh :

Juara 1 kelas 4-2

Juara 2 kelas 4-4

Juara 3 kelas 4-1

Juara 4 kelas 4-3

 

Santunan yatim


Pengumuman dan pembagian hadiah pemenang lomba – lomba Ramadhan.

       

Mendengarkan dongeng bersama Kak Iman.  

         



 

 

 

0 Comments